OTO OTO adalah sebuah Website yang Membahas Seputar Otomotif Khususnya Mobil dan Segala Permasalahannya.

Thursday, January 3, 2019

Mengenal Fungsi Persneling Pada Transmisi Otomatis Mobil Matic

Mengenal Fungsi Persneling Pada Transmisi Otomatis Mobil Matic - Mobil Matic kini sudah banyak diminati oleh para konsumen khususnya di kota-kota besar. Tetapi ternyata setelah disurvey masih banyak orang yang belum paham sama sekali transmisi mobil matic yang sudah bersifat otomatis.


Oleh karena itu, kami harapkan sebelum membeli atau mengemudi mobil metic seharusnya perlu dipahami terlebih dahulu fungsi masing-masing huruf dan angka pada persneling mobil matic yang merupakan transmisi otomatis mobil matic.

Dengan mengenal dan memahami transmisi persneling mobil matic maka akan mengurangi resiko kecelakaan akibat kelalaian pengendara. Ada banyak peristiwa yang sudah terjadi akibat kurangnya pengetahuan terhadap tuas transmisi mobil matic. Contohnya kasus mobil terjun ke jurang, Mobil nabrak trotoar. Alangkah baiknya jika kita menghindari kejadian-kejadian seperti ini.

Mengenal Fungsi Persneling Mobil Matic

Ingat…!! mobil matic yang mempunyai fungsi transmisi otomatis hanya bisa dinyalakan ketika tuas pada posisi P (Parkir) atau N (Netral). Adapun tuas transmisi disusun berdasarkan format P-R-N-D-3-2-L dimana mobil matic dikendalikan dengan menggerakkan tuas percepatan ke posisi tertentu.

Berikut ini adalah arti dan kegunaan huruf serta angka pada mobil matic
  • P atau Parkir, adalah posisi untuk kendaraan parkir, transmisi terkunci pada posisi ini, sehingga kendaraan tidak bisa didorong. Dalam posisi ini juga merupakan awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak. 
  • R atau Reverse, adalah posisi untuk memundurkan kendaraan. 
  • N atau Netral, adalah posisi gir netral, hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas. 
  • D atau Drive, adalah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal. 
  • 2/S atau Second, adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan. Posisi ini ada di maksimum gigi ke-2 (engine break) 
  • 1/L atau Low adalah posisi maju pada gigi ke satu, hanya digunakan pada saat berkendara di medan yang menanjak curam. 
Baca Juga: Fungsi dan Masalah yang Sering Terjadi pada Transmisi dan Ring Seher Pada Mobil

Itulah beberapa fungsi persneling mobil matic yang sangat penting untuk diketahui khususnya bagi para pemula atau yang baru belajar mengendarai mobil matic.

Related : Mengenal Fungsi Persneling Pada Transmisi Otomatis Mobil Matic

0 komentar:

Post a Comment