OTO OTO adalah sebuah Website yang Membahas Seputar Otomotif Khususnya Mobil dan Segala Permasalahannya.

Thursday, April 12, 2018

Cara Cepat Belajar Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula agar Cepat Mahir Mengemudi

Belajar Nyetir Mobil - Mungkin saja sebagian orang beranggapan bahwa untuk belajar menyetir mobil, khususnya mobil manual seperti ini bisa dibilang cukup sulit untuk dilakukan. Tetapi pada kenyataan hal tersebut tidak selalu benar, sebab pada dasarnya menyetir semua jenis mobil pada dasarnya prinsipnya adalah sama.
Perlu untuk Anda tahu juga bahwa menyetir mobil di jalanan tentu butuh yang namanya kemampuan baik dan kehati – hatian yang tinggi. Jangan sampai dikarenakan cara menyetir mobil Anda yang salah akhirnya malah membahayakan pengguna jalan yang lain. Meskipun mengendari semua jenis mobil pada prinsipnya sama, yang harus Anda perhatikan di sini adalah kewaspadaan. 

Sehebat apapun diri Anda dalam menyetir mobil, tetapi harus diingat juga bahwa Anda tak boleh menyetir mobil dengan cara ugal – ugalan, sebab yang demikian tersebut sangat berpotensi membahayakan diri Anda sendiri juga orang lain. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang ingin belajar menyetir mobil manual bagi pemula agar bisa cepat menyetir mobil, silakan simak cara mudahnya di bawah ini.

Cara Cepat Belajar Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula
Cara Cepat Belajar Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula

Terlebih dulu kenali fitur mobilnya
 
Fitur Mobil
Cara pertama yang harus Anda lakukan di sini sebelum akhirnya belajar menyetir mobil manual adalah menghafal. Ya, pastikan Anda hafal beberapa elemen terpenting mobil, seperti halnya injakan rem, gas, dan kopling. Jangan sampai Anda nanti salah menginjak sebab ini bisa sangat membahayakan Anda sendiri juga orang lain. Selain itu hafalkan juga elemen lainnya seperti bel, tombol lampu sign, dan lain – lain. Tak hanya itu saja, Anda sebagai pemula bahkan juga harus belajar mengenai posisi perpindahan gigi mobil atau pun persneling yang umumnya ada mulai dari angka 1 – 5, serta untuk posisi netral. Selain hal tersebut, ada pula posisi R untuk posisi mundur. 

Pastikan Anda latihan di tempat yang aman dan tepat
Cara selanjutnya adalah Anda harus banyak – banyak berlatih. Salah satu yang perlu diperhatikan di sini adalah lokasi yang nanti akan Anda jadikan sebagai tempat latihan. Ada baiknya pilih lapangan yang cukup luas untuk belajar nyetir mobil manual. Dengan luasan lahan yang seperti ini, maka Anda bisa lebih berkonsentrasi penuh dalam menghafal bagaimana cara menyetir mobil. Jika Anda sudah mulai terbiasa baru pilihlah lokasi yang lebih menantang. Misalnya saja di jalanan umum, akan tetapi pilih juga jalanan yang sepi. Cara cepat belajar mobil manual ini sangat efektif sekali dalam membantu Anda membiasakan diri menyetir mobil di jalanan. 

Harus berkonsentrasi secara penuh
Fokus Saat Mengendara
Pada saat belajar menyetir mobil manual masa – masa yang paling menegangkan adalah ketika Anda mulai memasuki kabin mobil serta duduk layaknya seorang supir yang sudah mahir. Pastikan pikiran Anda jauh lebih tenang. Lebih relax serta konsentrasi penuh. Apabila Anda masih agak gemeteran silakan Anda tunggu sampai perasaan Anda jadi lebih santai.

Proses penyalaan mesin mobil transmisi manual
Ini juga jadi salah satu bagian yang memiliki peranan cukup penting dalam belajar menyetir mobil manual bagi pemula, Anda harus memastikan mobil dalam keadaan netral. Apabila sudah, silakan Anda mulai memutar kunci kontak untuk lakukan starter. Pada saat mesin sudah menyala, terus Anda tahu bahwasannya di bagian bawah kaki Anda sekarang ada tiga jenis pedal, sebelah kiri disebut dengan kopling, tengah adalah rem, dan yang kanan itu gas. 


Menyeimbangkan antara kopling dengan gas
Kopling, Rem dan Gas
Gear shift Anda sudah ada pada posisi gigi satu, akan tetapi mobil Anda tetap belum bisa jalan? Tidak perlu panik, bingung, atau pun khwatir, itu dikarenakan Anda masih belum injak gasnya. Untuk lebih memudahkan Anda dalam belajar menyetir mobil manual Anda menganalogikan kopling dengan gas ini seperti jungkat – jungkit. Pada saat gas akan ditekan, Anda harus mengangkat kopling Anda secara perlahan. Ini umumnya bagian paling sulit bagi para pemula. Pada saat bagian gas mulai diinjak kencang, sementara itu kopling belum terangkat bisa mengakibatkan munculnya suara yang lumayan kasar. Namun apabila pengangkatan kopling yang terlalu cepat, maka ada dua kemungkinan yang akan terjadi, yakni mesin akan mati atau jalan mobil tersendat.


Mengulangi langkah kelima untuk menambah maupun menurunkan kecepatan
Harus Anda ingat selalu, bahwa tiap perpindahan gigi, ada baiknya naik atau pun turun giginya Anda harus selalu injak kopling dan ingat prinsip jungkat – jungkit yang ada pada poin kelima yang sudah kami jelaskan di atas. 

Jangan pernah lupa siaga rem saat gas sudah stabil
Apabila dirasa mobil terlalu cepat, maka ada baiknya Anda lakukan pengereman, sehingga secara otomatis kaki Anda harus bergeser meninggalkan gas dan juga menginjak rem, biarkan saja kaki sebelah kiri dan biarkan juga koplingnya, untuk pemula ada baiknya lupakan hal – hal yang kompleks. Cukup menginjak rem saja apabila Anda ingin membuat mobil jadi lebih lambat atau pelan – pelan.

Selain cara cepat belajar menyetir mobil manual bagi pemula di atas, juga ada beberapa hal yang harus Anda tahu di sini, diantaranya sebagai berikut. 

·      Anda harus benar – benar berhenti segera sebelum akhirnya memasukkan gigi mundur, tak perduli mobil yang Anda kendarai sekarang ini sedang bergerak ke arah mana. Memindahkan tuas transmisi ke gigi mundur pada saat mobil Anda sedang berjalan, biasanya bisa sebabkan kerusakan pada bagian transmisi manual. 

·         Selain hal tersebut, Anda juga harus lebih berhati – hati lagi dalam mengemudi, khususnya di jalanan yang menanjak atau di tanjakan. Mobil Anda bisa saja mundur dengan sendirinya dan menabrak seseorang atau kendaraan maupun benda lain yang ada di belakang mobil Anda, apabila Anda memang tidak mengatur rem serta kopling denga baik dan benar. 

·  Apabila Anda memang membuat mesin mobil benar – benar mati dan mencoba untuk menghidupkannya kembali, silakan beri jedah atau waktu istirahat pada komponen starter serta aki mobil Anda, kurang lebihnya selama 5 – 10 menit. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari panas berlebihan yang nanti bisa merusak starter serta membuat daya aki terkuras habis. 

·       Anda juga harus memantau terus takometer sampai Anda benar – benar lancar dalam menyetir atau mengemudikan mobil manual. Transmisi manual butuh keterampilan yang lebih banyak lagi dibandingkan transmisi otomatis. Jangan sampai Anda menggeber putaran mesin yang terlalu tinggi, sebab yang demikian ini malah bisa sebabkan mesin rusak parah.

·      Terakhir, Anda sangat disarankan sekali untuk benar – benar berhenti sebelum akhirnya berpindah dari gigi mundur ke gigi yang lain. Meskipun demikian, pada sebagian besar transmisi manual, gigi satu atau pun dua bisa saja dimasukan pada saat mobil sedang bergerak muncul dengan kecepatan rendah, akan tetapi yang demikian tersebut sangat tidak disarankan sebab bisa sebabkan aus berlebihan pada bagian kopling mobil.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara cepat belajarmenyetir mobil manual bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Related : Cara Cepat Belajar Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula agar Cepat Mahir Mengemudi

0 komentar:

Post a Comment